Jumat, 09 Januari 2009

Paradigma Musik Indonesia

Kita boleh saja berbangga hati terhadap perkembangan industri musik di Indonesia. Untuk wilayah Asia Tenggara, bisa dibilang Indonesia merupakan salah satu yang terbaik. Tapi apakah hanya sampai disitu saja….?

Jawabannya tentu saja tidak. Banyak masyarakat di Indonesia yang belum sepenuhnya menyadari bahwa sebenarnya negeri ini memiliki banyak musisi berbakat, namun kurang banyak dikenal oleh khayalak ramai. Ingin bukti…? Coba bandingkan kualitas musik mayor label dengan indie label. Saya disini bukan ingin mengkotak-kotakkan kedua jalur musik tersebut. Tapi, yang menjadi catatan bagi kita semua bahwa musik adalah musik., yang mana alangkah baiknya jika kita menilai musik secara seobyektif mungkin. Siapapun musisinya, bagaimana latar belakang kehidupannya, bahkan bagaimana dia dalam menjalani kehidupannya harus kita pisahkan dengan penilaian kita terhadap karya musik musisi tersebut. Karena musisi berkarya dengan musiknya, maka kita pun sebagai masyarakat juga harus menilai musisi tersebut dari karya yang dihasilkan. Apapun jalur yang ditempuh musisi tersebut, entah itu mayor label atau indie label, yang terpenting bagaimana kualitas karya yang mereka hasilkan. Oleh karena itu, saya mengajak bagi para pencinta musik di seluruh tanah air, mari kita menilai musik dengan pemahaman yang jernih serta menjauhkan pemikiran jika musik mayor label lebih baik dari indie label. Hal tersebut sangatlah keliru. Obyektivitaslah yang berbicara, bukan atas dasar subyektifitas semata karena musik mayor label lebih populer.

Permasalahan yang lain, terkadang kita hanya terpaku dengan satu genre musik yang “itu-itu saja”. Perlu diingat bahwa salah satu musik yang berkualitas adalah musik yang mempunyai ciri khas tersendiri. Saya secara praktis menganggap bahwa jika musisi, apalagi grup band tersebut telah memasuki “dapur rekaman” , maka hal-hal yang menyangkut skill, kita anggap sudah lewat. Yang jadi masalah, bagaimana dengan skill yang telah mereka miliki, mereka dapat menghasilkan karya musik yang “mereka banget”. Hal tersebut penting karena pengetahuan masyarakat tentang musik akan lebih bertambah luas, tidak terpaku pada satu atau dua genre musik tertentu saja. Oleh karena itu, untuk memajukan musik Indonesia, diperlukan partisipasi aktif. Tidak hanya musisi itu sendiri, namun juga kita sebagai masyarakat yang menganggap bahwa musik bagi kita adalah penting.

Semoga musik Indonesia terus Berjaya. Tidak hanya di lingkup Asia Tenggara, namun juga di dunia. Amin….

0 komentar:

Posting Komentar